Rumkit Bhayangkara TK IV Yogyakarta

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA               

       DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA                                                       

          RUMAH SAKIT BHAYANGKARA                                                          

 

 

PROFIL RUMAH SAKIT BHAYANGKARA

 POLDA D.I. YOGYAKARTA

TAHUN 2019

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN 

 

1.         Kondisi Umum

 

Rumkit Bhayangkara Polda DIY merupakan Satker Polda DIY yang berkedudukan di bawah Kabiddokkes Polda DIY selaku pembina fungsi teknis kedokteran kepolisian dan kesehatan kepolisian sedangkan untuk pelaksanaan teknis operasional dan administrasi bertanggung jawab kepada Kapolda DIY. Rumkit Bhayangkara Polda DIY terletak di Jl Raya Jogja – Solo Km. 14,5  Desa Tamanmartani, kecamatan Kalasan , Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Secara lokasi Rumkit Bhayangkara Polda DIY terletak di sisi bagian timur propinsi DIY yang hanya berjarak 3 km dengan perbatasan DIY - Jawa Tengah.

Rumkit Bhayangkara  merupakan Rumkit di lingkungan Polri yang menyelenggarakan Kedokteran Kepolisian dan kesehatan Kepolisian bagi Pegawai Negeri pada Polri , keluarganya dan masyarakat umum secara prima. Sebagai pengemban fungsi pelayanan kesehatan Rumkit Bhayangkara melaksanakan berbagai kegiatan yang meliputi pemberian pelayanan rawat jalan, pelayanan gawat darurat, rawat inap, kesehatan gigi dan mulut, pelayanan bedah sentral serta  penunjang medis.

Bagi Pegawai Negeri pada Polri, keluarganya serta masyarakat umum dapat diberikan pelayanan kesehatan melalui JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)/BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) sesuai dengan tingkat pelayanan bahwa Rumkit Bhayangkara Polda DIY merupakan PPK Tk II (Prosedur Pelayanan Kesehatan Tingkat Kedua) yang merupakan pelayanan kesehatan lanjutan/spesialistik sesuai dengan kelasnya dimana Rumkit Bhayangkara Polda DIY saat ini merupakan Rumah Sakit kelas III/D.

Pelayanan Kesehatan bagi Pegawai Negeri pada Polri yang tidak ditanggung oleh JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)/ BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dilaksanakan di Rumkit Bhayangkara dengan dukungan anggaran pelayanan kesehatan Polri dari APBN. Pelayanan kesehatan tersebut meliputi pelayanan kesehatan kecelakaan kerja yang hanya diperuntukkan bagi pegawai negeri pada Polri yang memerlukan pelayanan kesehatan disebabkan karena melaksanakan tugas dan fungsi kepolisian baik untuk pelayanan kesehatan rawat jalan, rawat inap , penunjang medis maupun non medis dan bedah. Selain Pelayanan kesehatan kecelakaan kerja Rumkit Bhayangkara Polda DIY juga melaksanakan pelayanan kesehatan penyakit tertentu diluar BPJS (karena tugas) yang diperuntukan bagi pegawai negeri pada Polri yang membutuhkan pelayanan kesehatan pada waktu melaksanakan kegiatan operasi kepolisian, serta diperuntukan bagi Siswa Diktuk yang memerlukan pelayanan kesehatan rawat jalan maupun rawat inap.

 Dalam pelaksanaan kegiatan Kedokteran Kepolisian Rumkit Bhayangkara melaksanakan kegiatan meliputi perawatan tahanan (Wattah), Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) korban kekerasan terhadap perempuan dan   anak    dan    Forensik   yang   meliputi pemeriksaan luar, pemeriksaan dalam/otopsi yang kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung tugas dan fungsi kepolisian. Kegiatan Kedokteran Kepolisian juga melaksankaan kegiatan kesehatan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam mendukung tugas – tugas rutin kepolisian, operasi kepolisian dan tugas – tugas khusus kepolisian meliputi kegiatan PAM P3K, PAM P3K VVIP, Food security, Deteksi dini narkoba.

Keberhasilan dalam pelaksanaan tugas yang telah dicapai oleh Rumkit Bhayangkara Polda  D.I. Yogyakarta selama ini, tidak terlepas  dari kerja keras seluruh staf  dan dukungan kuat dari Pimpinan, serta pembinaan dari Polda DIY melalui Biddokkes Polda D.I. Yogyakarta beserta jajarannya, sebagai fungsi pembina  terutama dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan fungsi kedokteran dan kepolisian yang profesional.  Namun keberhasilan Rumah Sakit tersebut belum sepenuhnya memberikan kepuasan terhadap anggota Polri, PNS dan keluarga serta masyarakat. Rumah Sakit Bhayangkara sebagai  pelayanan kesehatan bagi masyarakat Polri juga melayani masyarakat umum, sehingga dituntut memberikan pelayanan kesehatan secara profesional.

Untuk mewujudkan pelayanan profesional   diperlukan kelanjutan pelaksanaan kebijakan strategi Rumah Sakit Bhayangkara Polda D.I.Yogyakarta tahun   2015 – 2019 yang bermuara pada pencapaian strategi kemitraan ( strIIIe for excellent ). Beberapa keberhasilan yang telah dicapai oleh Rumah Sakit Bhayangkara  adalah mampu memberikan pelayanan spesialistik (Pelayanan Penyakit Dalam, Obsgyn, Anak, Bedah, Syaraf, THT, Orthopedi dan Paru) dan telah bekerja sama serta melaksanakan program Nasional pemerintah dengan memberlakukan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)/ BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Keberhasilan yang telah dicapai oleh Rumah Sakit Bhayangkara Rumah Polda D.I. Yogyakarta dalam rangka mendukung tugas-tugas operasional kepolisian Polda D.I. Yogyakarta cukup memadai baik secara kualitas maupun kuantitas. Strategi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polda D.I.Yogyakarta dengan mengutamakan menjalin kemitraan dengan dokter mitra dan instansi terkait.

 

2.       Definisi

 

Rumah Sakit Bhayangkara Kepolisian Daerah D. I. Yogyakarta yang selanjutnya disebut Rumkit Bhayangkara Polda D.I. Yogyakarta merupakan UPT Pusdokkes Polri yang berkedudukan di bawah Kapusdokkes Polri selaku Pembina fungsi teknis kedokteran kepolisian dan kesehatan kepolisisan, untuk pelaksanaan teknis operasional dan administratif bertanggung jawab kepada Kepala Kesatuan Wilayah dan/atau Kepala Unit Organisasi yang bersesuaian.

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN STRATEGIS

 

 

  1. Visi Rumah Sakit Bhayangkara Polda D.I.Yogyakarta

 

Terwujudnya Rumah Sakit Bhayangkara Polda D.I. Yogyakarta yang professional, modern, terpercaya  dan berintegritas serta menjadi pilihan masyarakat Yogyakarta.

           

  1. Misi Rumah Sakit Bhayangkara

Di samping .............

Polda D.I.Yogyakarta

 

 

  1. Melaksanakan pelayanan kesehatan yang paripurna bagi seluruh masyarakat  Polri dan umum;
  2. Mengembangkan kemampuan dan kekuatan sumber daya manusia yang berkualitas dalam rangka mewujudkan pelayanan profesional;
  3. Melaksanakan pelayanan kedokteran kepolisian dalam rangka mendukung tugas operasional Polri;
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi;
  5. Melaksanakan pengembangan jejaring dengan instansi terkait.

 

3.      Tujuan Rumah Sakit Bhayangkara Polda D.I. Yogyakarta

 

a.      Meningkatkan pelayanan kesehatan yang prima guna mendukung tugas operasional Polri;

b.      Memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna  kepada anggota Polri, PNS Polri dan keluarganya serta masyarakat umum;

c.       Terwujudnya pelayanan kedokteran kepolisian yang optimal guna mendukung tugas operasional Polri;

d.      Terwujudnya sarana dan prasarana kesehatan Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Polda DIY yang sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;

e.      Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan kedokteran kepolisian Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Polda DIY.

 

  1. Sasaran Strategis Rumkit Bhayangkara Polda D.I. Yogyakarta

 

Berdasarkan tujuan tersebut di atas, Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Polda DIY mempunyai sasaran sebagai berikut:

1.      Meningkatkan fasilitas dan pelayanan menuju Rumah Sakit Bhayangkara TK.III sesuai standar akreditasi;

2.      Mewujudkan masyarakat Polri yang sehat dan samapta serta pelayanan kesehatan yang paripurna bagi masyarakat umum;

3.      Meningkatkan kualitas pelayanan kedokteran kepolisian Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Polda DIY;

4.      Tersedianya sarana dan prasarana kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. III Polda DIY yang memadai;

5.      Terwujudnya kerjasama Rumah Sakit Tk. III Polda DIY dengan instansi terkait yang harmonis  dan saling menguntungkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

LINGKUP KEGIATAN

 

 

  1. Lingkup kegiatan;

Pada unit struktural dengan lingkup kegiatan sebagai berikut:

a.   Subbag wasintern melaksanakan pengawasan dan pembinaan kegiatan Rumah Sakit Bhayangkara Polda D.I. Yogyakarta secara internal pada bidang pengelolaan sumber daya dan operasional pelayanan sesuai dengan standar pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Polda D.I Yogyakarta;

b.      Subbagian Perencanaan dan Administrasi (Subbagrenmin) menyusun perencanaan kerja dan anggaran, pengelolaan dan pembinaan manajemen personel dan logistik, pembinaan fungsi dan mengelola keuangan, serta pelayanan administrasi dan ketata usahaan di lingkungan Rumkit Bhayangkara;

c.     Subbagian Pembinaan Fungsi (Subbagbinfung) menyelenggarakan fungsi perencanaan, penatalaksanaan, pengawasan, dan pengendalian kegiatan SIM dan RM serta pelaksanaan pendidikan, pelatihan, dan pengembangan;

d.      Subbidang Pelayanan Medik dan Kedokteran Kepolisian (Subbidyanmeddokpol) menyelenggarakan kegiatan pelayanan medik, pelayanannmkeperawatan dan pelayanan kedokteran kepolisian di lingkungan Rumkit Bhayangkara untuk mewujudkan pelayanan prima dan paripurna;

e.      Subbagian Penunjang Medik dan Umum (Subbidjangmedum) menyelenggarakan pelayanan penunjang medik, pelayanan penunjang umum, dan pelayanan instalasi.

Pada unit Fungsional menyelenggarakan pelayanan kesehatan terdiri dari rawat jalan dan rawat inap.

Data kamar:

  1. VIP                        : 3 TT
  2. Kelas Utama       : 6 TT
  3. Kelas I                  : 10 TT
  4. Kelas II                 :12 TT
  5. Kelas III                :16 TT
  6. HCU                     : 2 TT
  7. Isolasi                   : 1 TT
  8. Tahanan              : 3 TT
  9. Ruang Bayi         : 8 box bayi

2 incubator

 

2.     Struktur Organisasi

Susunan Organisasi Rumkit Bhayangkara Polda D.I. Yogyakarta meliputi :

  1.  Kepala Rumah Sakit  yang (Karumkit);
  2.  Wakil Kepala Rumah Sakit (Wakarumkit);
  3.  Subbagian Pengawasan Internal (Subbagwasintern) terdiri  atas ;
  1. Urusan Pengawasan dan Pembinaan Sumber Daya (Urwasbin); dan
  2. Urusan Pengawasan Operasional Pelayanan (Urwasopyan);
  1. Subbagian Perencanaan dan Administrasi (Subbagrenmin) terdiri  atas;

1.    Urusan Perencanaan (Urren);

2.    Urusan Administrasi (Urmin);

3.    Urusan Tata Usaha (Urtu);

4.    Urusan Keuangan (Urkeu);

  1.   Subbagian Pembinaan Fungsi (Subbagbinfung) terdiri atas ;
  1. Urusan Sistem Informasi Manajemen dan Rekam Medik (Ur SIM dan RM);
  2. Urusan Pendidikan dan Pelatihan (Urdiklit);
  1. Subbidang Pelayanan Medik dan Kedokteran Kepolisian (Subbidyanmeddokpol) terdiri atas;
  1. Urusan Pelayanan Medik ( Uryanmed);
  2. Urusan Pelayanan Keperawatan (Uryanwat);
  3. Urusan Pelayanan Kedokteran Kepolisian (Uryandokpol);
  4. Instalasi-instalasi yang meliputi:
  1. Instalasi Gawat Darurat (IGD);
  2. Instalasi Bedah Sentral (IBS);
  3. Instalasi Rawat Inap A (IRNA);
  4. Instalasi Rawat Jalan (IRJA);
  5. Perawatan Tahanan (Wattah);
  6. Pusat Pelayanan Terpadu (PPT);
  1. Sejumlah Jabatan Fungsional;

 

  1.  Subbagian Penunjang Medik dan Umum (Subbidjangmedum) terdiri atas;
  1. Urusan Pelayanan Penunjang Medik (Urjangmed) yang meliputi;
  1. Instalasi Laboratorium Patologi Klinik;
  2. Instalasi Radiologi;
  3. Instalasi Farmasi; dan
  4. Instalasi Gizi;
  1. Urusan Pelayanan Penunjang Umum (Urjangum) yang mempunyai Instalasi Pemeliharaan Peralatan Rumah Sakit (IPPRS).

 

 

 

STRUKTUR ORGANISASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA POLDA DIY

SESUAI DENGAN PERKAP NOMOR 11 TAHUN 2011 TANGGAL 30 JUNI 2011

 

KAURYANMED

PENDA I PARGIYANTI, AMK

KAURYANDOKPOL

IPDA TRI JAKA SUSILA, SI.Kom, MM

KAURYANWAT

PENDA I DENI SUSILOWATI, AMK

KAURJANGMED

-

 

KAURJANGUM

-

 

 

 

PS.KASUBBAG WASINTERN

PENATA I FINE ANISA H, S.Farm, Apt.

PS.KARUMKIT

KOMPOL dr. THERESIA LINDAWATI, Sp.F.

WAKARUMKIT

PEMBINA dr. WINANTI

DEWAN PENGAWAS

KAURTU

PENDA ARRY SETYARINI, AMK

KAUR WASBIN

PENATA  MURWANI WA, SKM

 

KAUR WASOPSYAN

PENDA I SUDARSIH, SKM

KAURREN

PENDA I DWI JEVY S.R, SE

PS.KAURKEU

AIPTU SAPARTIJO

 

KAURSIM & RM

PENATA HAPPY NURHIDAYAT, AMR

KAUR DIKLIT

PENDA I ARIE MARLINA, SST

KASUBBAG RENMIN

PENATA IKA LISTYARINI, Amd.Keb.

KAURMIN

IPDA TRIJAKA S, Si.KOM, MM

KASUBBAG BINFUNG

SUMARNI, AMd. AK

PS.PAMIN 1

AIPTU BUDI SANTOSO

 

PS.PAMIN 2

IPTU AGUS SUTANTO

 

 

 

PS.KASUBBID YANMEDDOKPOL

PENATA I drg. DANANG MAULANA

 

PS.KASUBBID JANG MEDUM

PENATA I ANDI SABRIANA, S.Farm, Apt.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                                       

 

                                                                                                                                                                                          

                                                                                                                                                                                          

 

  1. Data SDM

           

 

DAFTAR SUSUNAN PERSONEL STRUKTURAL

RUMKIT BHAYANGKARA POLDA DIY

 

NO

URAIAN

PANGKAT

JUMLAH

KETERANGAN

1

KARUMKIT

KOMPOL

1

 

2

WAKARUMKIT

PEMBINA

1

 

3

KASUBBAGRENMIN

PENDA I

1

 

4

KAURTU

PENDA

1

 

5

KAURREN

PENDA I

1

 

6

KAURMIN

PENATA

1

 

7

KAURKEU

AIPTU

1

 

8

BAMIN/BANUM

BINTARA/ PNS GOL II

8

 

9

KASUBBAGBINFUNG

IPTU

1

 

10

KAUR SIM & RM

PENATA

1

 

11

KAURDIKLIT

PENDA I

1

 

12

BAMIN/BANUM

BINTARA/ PNS GOL II

2

 

13

KASUBBAGWASINTERN

PENATA I

1

 

14

KAURWASBIN

PENATA

1

 

15

KAURWASOPSYAN

PENDA I

1

 

16

BAMIN/BANUM

BINTARA/ PNS GOL II

2

 

17

KASUBBIDYANMEDDOKPOL

PENATA I

1

 

18

KAURYANMED

PENDA I

1

 

19

KAURYANWAT

PENDA I

1

 

20

KAURYANDOKPOL

IPDA

1

 

21

BAMIN/BANUM

BINTARA/ PNS GOL II

6

 

22

KASUBBIDJANGMEDUM

PENATA

1

 

23

KAURJANGMED

IPTU

1

 

24

KAURJANGUM

AIPTU

1

 

25

BAMIN/BANUM

BINTARA/ PNS GOL II

4

 

 

JUMLAH KESELURUHAN

 

42

 

 

 

           

 

 

 

 

 

DAFTAR SUSUNAN PERSONEL BERDASARKAN PELAYANAN

DI RUMKIT BHAYANGKARA POLDA DIY

 

NO

PELAYANAN

SAAT INI

KETERANGAN/

RINCIAN

POLRI

PNS

MITRA

1.

TENAGA MEDIS

 

 

 

 

 

  1. DOKTER UMUM UNTUK YAN MEDIK DASAR

12  ORANG

 

4

8

 

  1. DOKTER GIGI UMUM UNTUK YAN MEDIK GIGI MULUT

2 ORANG

 

1

1

 

  1. DOKTER SPESIALIS UNTUK SETIAP JENIS YAN MEDIK SPESIALIS DASAR

8  ORANG

 

 

8

 

  1. 1 DOKTER SPESIALIS UNTUK SETIAP JENIS YAN MEDIS SPESIALIS PENUNJANG

2 ORANG

 

 

4

 

  1. 1 DOKTER GIGI SPESIALIS UNTUK SETIAP JENIS YAN MEDIK SPESIALIS GILUT

2  ORANG

1

1

1

2.

TENAGA KEFARMASIAN

 

 

 

 

 

  1. APOTEKER  SEBAGAI KA FARMASI RUMKIT

1  ORANG

 

1

 

 

  1. -      APOTEKER YG BERTUGAS DI RAWAT JALAN
  •  TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN

1  ORANG

6  ORANG

1

1

 

1

 

4

 

  1. -     APOTEKER DI RAWAT INAP
  • TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN

1  ORANG

2  ORANG

 

 

1

 

 

2

 

  1. -      APOTEKER SBG KOORDINATOR PENERIMAAN, DISTRIBUSI DAN PRODUKSI
  • TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN

1  ORANG

 

2  ORANG

 

 

 

1

 

 

 

 

2

3.

TENAGA KEPERAWATAN

 

 

 

 

 

a.    JUMLAH PERAWAT DAN BIDAN

b.    JUMLAH TEMPAT TIDUR (MINIMAL 30% dari jml TT)

54  ORANG

  66  TT

4

11

39

4.

TENAGA KESEHATAN LAIN

37  ORANG

7

8

22

 

JUMLAH TENAGA KESEHATAN

127  ORANG

14

29

91

5.

TENAGA NON KESEHATAN

45  ORANG

17

8

20

 

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR SUSUNAN PERSONEL

 BERDASARKAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN SDM

DI RUMKIT BHAYANGKARA POLDA DIY

 

  1. Tenaga Medis Spesialis

 

NO

KUALIFIKASI PENDIDIKAN

STATUS KEPEGAWAIAN

JML

POLRI

PNS/ CPNS

KONTRAK/ PTT

MITRA

1

2

3

4

5

6

7

1

Dokter spesialis dasar

 

 

 

 

 

 

Dokter penyakit dalam

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli kebidanan dan kandungan

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli anak

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli bedah

 

 

 

2

2

2

Dokter spesialis lainnya

 

 

 

 

 

 

Dokter penyakit mata

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli THT

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli syaraf

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli paru

 

 

 

1

1

 

Dokter ahli orthopedi

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli Urologi

 

 

 

-

 

 

Dokter ahli kedokteran jiwa

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli kulit dan kelamin

 

 

 

2

2

 

Dokter ahli Kedokteran Forensik

1

 

 

 

1

 

Dokter ahli Jantung dan Pembuluh Darah

 

 

 

1

1

 

Dokter ahli Konservasi Gigi

 

1

 

 

1

 

Dokter ahli Bedah Mulut

 

 

 

1

1

 

Dokter ahli Prostodonsia

1

 

 

 

1

3

Dokter spesialis penunjang

 

 

 

 

 

 

Dokter ahli radiologi

 

 

 

1

1

 

Dokter ahli anasthesi

 

 

 

1

1

 

Dokter ahli Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

 

 

 

1

1

 

Dokter ahli Patologi Klinik

 

 

 

1

1

 

Jumlah

2

1

 

27

30

 

 

 

 

 

Tenaga Medis

 

NO

KUALIFIKASI PENDIDIKAN

STATUS KEPEGAWAIAN

JML

POLRI

PNS/ CPNS

KONTRAK

MITRA

1

2

3

4

5

6

7

1

Dokter umum

 

5

8

 

13

 

Jumlah

 

5

8

 

13

 

Tenaga Dokter Gigi

 

NO

KUALIFIKASI PENDIDIKAN

STATUS KEPEGAWAIAN

JML

POLRI

PNS/ CPNS

KONTRAK

MITRA

1

2

3

4

5

6

7

1

Dokter gigi

 

1

 

1

2

 

Jumlah

-

1

-

1

2

 

Tenaga Perawat & Bidan

 

NO

KUALIFIKASI PENDIDIKAN

STATUS KEPEGAWAIAN

JML

POLRI

PNS/ CPNS

KONTRAK/PTT

MITRA

1

2

3

4

5

6

7

1

S1 keperawatan& D4 keperawatan

 

5

4

-

9

2

D3 keperawatan

4

13

25

-

42

3

D3 kebidanan

1

5

11

-

17

 

Jumlah

5

23